Minggu, 30 Juni 2013

TUGAS KULIAH IBD BAB 1 TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR


TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
PENDAHULUAN
Apa yang kalian ketahui tentang ilmu budaya dasar ?pernahkah anda mendengarnya /? Yang dimaksud disini ,ilmu budaya dasar mempunyai arti yaitu mata kuliah yang membicarakan atau mempelajari  nilai-nilai kebudayaan dan masalah yang ada di kehidupan kita sehari-hari.Dengan mempelajari ilmu budaya dasar kita dapat mengetahui tentng budaya-budaya yang ada di Indonesia dan mengetahui arti dari kehidupan kita sehari-hari bagaimana kita menjalani hidup keseharian kita.
Latar belakang yang menjadi konteks budaya ,Negara dan masyarakat mempunyai permasalahan dalam kehidupannya sehari-hari yaitu        :
·      Kenyataan bahwa bangsa Indonesia mempunyai berbagai suku bangsa di dalamnya,dengan segala keanearagamannya yang terdapat di setiap pulaunya yaitu tarian,agama,makanan adat istiadatnya pun dari suku satu dengan suku lainnya berbeda-beda.
·      Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan terhadap kondisi kehidupan manusia sehari-harinya.Dan menimbulkan dampak negative dan positifny terhadap budayanya atau yang lain sebagainya.
·      Pembangunan yang secara terus menerus dilakukan oleh pemerintah dapat menimbulkan dampak negative dan positive dilingkungan tersebut.
IBD Sebagai Mata Kuliah Dasar Umum
 Mata Kuliah Dasar Umum mempunyai tujuan sebagai berikut :
·      Bertakwa kepada Tuhan YME
·      Berjiwa pancasila dan dapat bersosialisasi
·      Mempunyai wawasan luas terhadap budaya – budaya yang ada di Indonesia.
·      Dapat menjadi pemimpin yang bijaksana .
Pengertian Ilmu Budaya Dasar
            Ilmu budaya dasar dapat diartikan sebagai mata kuliah yang mempelajari ilmu budaya-budaya Ilmu budaya dasar dapat memberikan pelajaran untuk dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum untuk konsep pemecahan masalah manusia dan kebudayaan.
            Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok  pengetahuan budaya ,lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan.Menurut Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga besar yaitu :

·      Ilmu- ilmu Alamiah (Natural Science)
Ilmu – ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan – keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
·      Ilmu – ilmu Sosial (Sosial Science )
Ilmu- ilmu sosial yang bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dala hubungan antar manusia.
·      Pengetahuan Budaya  ( The Humanities)
Pengetahuan Budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan – kenyataan yang bersifat manusiawi.Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan – pernyataan yang bersifat unik.

Tujuan  Ilmu Budaya Dasar

Memberikan mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan   dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum kepada manusia.Yang akan dikembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia  dan kebudayaan.dan tujuan dari mata kuliah ilmu budaya dasar adalah :
·      Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
·      Mengusahakan agar mahasiswa  sebagai calon pemimpin bangsa  dan Negara  serta ahli dalam bidang disiplin  masing-masing ,tidak  jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
·      Mengusahakan Mahasiswa untuk menanamkan kepekaan mahasiswa  terhadap lingkungan budaya,sehingga mereka lebih dapat menyesuaikan  diri dengan lingkungan yang terutama untuk kepentingan profesi mereka.

Sumber : dimazmarham.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar