Minggu, 30 Juni 2013

TUGAS KULIAH IBD BAB 10 MANUSIA DAN KEGELISAHAN


Manusia Dan Kegelisahan
A.    Pengertian Kegelisahan
Apa yang kalian ketahui tentang arti dari kegelisahan?mari kita bahas pengertian kegelisahan.Kegelisahan adalah suatu rasa yang terdapat di dalam hati dimana hati terasa tidak terasa tentram dan selalu merasa khawatir atupun cemas.Biasanya bila mengalami kegelisahan akan mempengaruhi gerak tubuh kita dari biasa ataupun yang selalu bergerak mondar-mandir.kegelisahan bisa juga disebut kecemasan.Biasanya bila hati kita cemas maka rasa takut tau khawatir akan gampang merasuki diri kita.Salah satu yang memicu cemas adalah frustasi dalam mslah papun.

B.  Macam – Macam Kegelisahan
Sigmun Freud salah satu psikoanalisa menyatakan kecemasan memiliki tiga macam yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan,kecemasan neorotik dan kecemasan moril.
1.     Kecemasan Obyektif
Kecemasan kenyataan atau obyektif dikarenkan ada suatu pengalaman yang tidak mengenakan terjadi pada seseorang.Bila seseorang sudah mengalami pengalaman buruk maka orang tersebut akan selalu menganggap lingkungan disekitarnya itu berbahaya dan takut dengan benda-benda atau orang disekitarnya.
2.    Kecemasan Neoritis
Kecemasan syaraf terjadi entah karena ingatan buruk ataupun insting seseorang .Kecemasan syaraf menurut Sigmun Freud dibagi menjadi tiga .Yaitu kecemasan karena penyesuain diri dengan lingkungan,kecemasan timbul karena takut akan bayangan nya sendiri sehingga menekan dan menguasai ego.Salah satu kecemasan syaraf yang dikenal sekarang dengan nam phobia.Phobia terjadi kemungkinan karena ketakutan yang melebihi batas.Rasa takut lain adalah gugup .Gugup merupakan slah satu rasa takut yang dimiliki oleh semua orang dimana orang tersebut akan takut dirinya gagal dalam apapun yang ia kerjakan.
3.    Kecemasan Moril
Merupakan kecemasan yang paling gampang dimiliki manusia .Tiap manusia pasti memiliki bermacam-macam emosi seperti benci,dendam dan yang lain.emosi atau rasa inilah yang bnyak merusak hubungan antara manusia.

C.  Penyebab Kegelisahan
Penyebab yang paling umum adalah dimana seeorang terasa terancam dan takut kehilangan hak-haknya .Hal itu disebabkan dari suatu ancamanluar maupun dalam.
D.  Mengatasi Kegelisahan
Mengatasi kegelisahan bisa dibilang mudah dan juga susah .karena kita harus meyakinkan diri kita sendiri da menenangkan hati dan raga .dengan sikap dan hati tenag kita dapat berpikir lurus dan percaya diri.
E.  Keterasingan
Keterasingan itu dimana seseorang merasa ia tersisihkan atau dijauhi oleh orang-orang disekitarnya.Keterasingan juga akan membuat manusia merasa takut atau cemas.Karena ia merasa dirinya melakukan kesalahan namun ia tidak mengetahui apa itu.Ataupun keterasingan terjadi karena semua orang tidak menyukai sifat-sifatnya seperti suka mencuri atau menghina orang.Keteransinganadalah salah satu bagian hidup manusia .Sebentar atau lama semua orang akan pernah mengalami hidup dalam keterasingan.
F.  Kesepian
Kesepin dan keteransingan hampir mempunyai definisi yang sama namun berbeda.Kesepian terasa hidupnya sunyi atau lengang.Tidak memiliki teman  setiap orang pasti pernah mengalami kesepian.
G.  Ketidakpastian
Ketidakpastian adalah dimana manusia tidak tahujalan mana yang ia akan lalui.Manusia akan terus berjalan tanpa arah dan selalu ragu apa yang ia pilih.Dan karena itulah membuat pikirannya tidak bisa berkonsentrasi dan membuat pikirannya kacau.
Sebab-sebab ketidak pastian :
·      Obsesi adalah dimana memiliki pikiran atau persaan yang buruk tentang sesuatu.Dan terkadang obsesi membuat manusia menyalahkan orang lain yang padahal tidak bersalah.
·      Phobia adalah Rasa takut yang tidak terkendali.Sama sekali tidak normal pada hal atau kejadian tanpa diketahui sebabya .
·      Kompulasi adalah Keraguan tentang apa yang kita kerjakan .Dimana kita akan tidak menyadari melakukan perbutan yang serupa berkali-kali.
·      Delusi adalah suatu berdasarkan keyakinan palsu.tidak dapat memakai akal sehat ,tidak ada dasar kenyataan dan tidak sesuai dengan pengalaman.Delusi ini terdapat tiga macam yaitu :
Ø  Delusi perkuis
Ø  Delusi keagungan
Ø  Delusi meancholis
F.  Halusnasi
Merupakan khayalan yang terjadi tanpa rangsangan pancaindra.Halusinasi biasanya terjadi karena sugesti diri sendiri ataupun halusinasi buatan yang dikarenakan minuman keras ataupun pemakai obat bius.
G.  Keadaan emosi
Keadaan ini sangat mempengaruhi kepribadian seseorang .Seperti menghilang nafsu makannya.
Dengan artikel ini dapat dinyatakan bahwa manusia tidak mungkin tidak pernah mengalami kegelisahan.Namun tidak seharusnya manusia terus mengikuti kegelisahan karena kebanyakan hasil kegelisahan hanya merugikan diri sendiri.Semua manusia tetap harus berdoa pada Tuhan YME didalam keadaan apapun.


Sumber: http://m.kompasiana.com/post/kejiwaan/2013/04/08/manusia-dan-kegelisahan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar