Minggu, 30 Juni 2013

TUGAS KULIAH IBD BAB 4 MANUSIA DAN CINTA KASIH


                                MANUSIA DAN CINTA KASIH
A.Cinta Kasih
Apa yang kalian ketahui tentang cinta kasih ?disini kita akan membahas tentang manusia dan cinta kasih .Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwadarminta ,pengertin dari cinta adalah rasa sangat suka “kepada” atau “rasa” sangat kasih atau sangat tertarik hatinya kepada sesuatu  yang dia sangat tertarik  hatinya.
Sedangkan kata kasih artinya perasaan saying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan .Dengan kata lain cinta dan kasih memiliki hampir kesamaan arti,tetapi kata kasih memperkuat arti dari kata cinta.Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih,cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa,mengarah kepada yang dicintainya.Cinta sama sekali bukan nasfu,tetapi perbedaan cinta dan nafsu adalah sebagai berikut.
1.     Cinta bersifat manusiawi
2.    Cinta bersifat rokhaniah sedangkan nafsu bersifat jasmianiah
3.    Cinta menunjukan perilaku memberi ,sedangkan nfsu cenderung menuntut.
Ada tiga unsur yang menyangkut tentang cinta ,yaitu :
1.     Keintiman atau kedekatakan dalam berhubungan
2.    Gairah ,memandang cantik atau tampan ,atau berkeinginan secara seksual.
3.    Komitmen ,menyatakan seseorang tersebut adalah miliknya ,ada rasa memiliki.
Ada tiga tingkatan dalam cinta :
1.     Cinta atas dasar harapan mendapat sesuatu .Yaitu ketika seorang yang mencintai kekasihnya karena meginginkan sesuatu dari kekasihnya tersebut.
2.    Cinta atas dasar mengharap ridha kekasihnya .Cinta seperti ini lebih tinggi tingkatannya dari yang pertama karena yang kedua ini mempunyai tujuan agar membahagiakan pasangannya dengan berbuat sukarela tujuannya untuk membahagiakan pasangannya tersebut.
3.    Cinta atas dasar mengharap ridha dari Tuhan YME,inilah yang dinamakan cinta sejati .Adakalanya orang tersebut melakukan tersebut dengan tulus namun apa yang dilakukanya itu tidak di ridhoi oleh Tuhan.Cinta artinya apa yang diakukannya itu tidak meyimpang dari aturan-aturan agama.
Ada berbagai bentuk cinta yaitu :
1.     Cinta Persaudaraan ,diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya.Cinta persaudaraan tidak mengenal adanya batasan-batasan manusia berdasarkan SARA.
2.    Cinta Keibuan, kasih sayang yang bersumber dari hasil cinta merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesungguhnya.Namun,bila orang yang melakukan hubungan tanpa didasari rasa cinta ,di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.
3.    Cinta Diri Sendiri,yaitu bersumber dari diri sendiri.Cinta diri sendiri bernilai positif ika mengandung makna bahwa sesorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmani dan rohani.
4.    Cinta kepada Allah .

B. Kasih Sayang
Kata Kasih dan Sayang itu mengandung pengertian yang sangat luas .Dan yang pasti setiap insane manusia perlu tahu dan mengerti apa makna kasih sayang yang sebenarnya,sekaligus memilikinya di dalam sanubari.Sesorang akan terlanda kekeringan jiwa jika hidup tanpa memiliki kasih maupun sayang .Apapun yang terjadi pasti dia akan selalu ingin dicintai sekaligus mencintai orang lain .Dari pertama kali lahir didunia sampai ajal menjemput.

Macam-Macam cinta menurut ajaran agama terdiri sebagai berikut :
1.     Cinta Diri
2.    Cinta Kepada Sesama Manusia
3.    Cinta Seksual
4.    Cinta Kebapakan
5.    Cinta Kepada Allah
6.    Cinta Kepada Rasul


Tidak ada komentar:

Posting Komentar