Minggu, 30 Juni 2013

TUGAS KULIAH IBD BAB 8 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


                                             Manusia Dan Pandangan Hidup

A.  Pengertian Pandangan Hidup
Apa yang kalian ketahui tentang pandangan hidup ?Mari kita bahas tentang pengertian pandangan hidup.Setiap manusia pasti mempunyai pandangan hidup.Sedangkan pandangan hidup itu sendiri bersifat kodrati .Karena itu menentukan masa depan setiap manusia.Untuk itu perlu dijelaskan pula arti pandangan hidup itu sendiri.Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan,pedoman ,arahan,dan petunjuk hidup di dunia.Pendapat atau pertimbangan it sendiri merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
         Pandangan hidup itu banyak sekali dan bermacam ragamnya.dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya ada tiga macam,yaitu :
1.     Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2.    Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
3.    Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.

B.  Cita-Cita
Cita – cita adalah keinginan,harapan dan tujuan yang selalu ada dalam pikiran .itu semua merupakan yang harus diperoleh seseorng pada masa mendatang.Apabila cita-cita itu tidak bisa terpenuhi maka cita-cita itu sendiri di sebut dengan angan-angan.Diantara masa sekarang yang merupakan realita dengan masa yang akan dating sebagai idea tau cita-cita terdapat jarak waktu.Ada tiga faktor yang mempengaruhi untuk mencapau cita-cita tersebut yaitu:
1.     Faktor Manusia ,terhantung dari dirinya sendirinya apa dia mau mencapai cita-cianya atau tidak.Dan harus dilakukan dengan usahanya sendiri.
2.    Faktor kondisi sesuai dengan kondisi yang sedang menempati sesuai kondisi yang dia alami atau tidak.
3.    Faktor tingginya cita-cita ,semakin tinggi cita-cita kita semakin tinggi kita semakin besar pula usaha yang harus kita lakukn tergantung apa cita-cita yang kita inginkan.


C.  Kebajikan
Kebajikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral,perbuatan yang sesuai dengan norma agama dan etika.Manusia berbuat baik karena menurut kodratnya manusia itu baik,makhluk yang bermoral dan bertetika.Atas dorongan suara hatinya cenderung manusia untuk berbuat kebaikan.Manusia merupakan makhluk sosial yang artinya :manusia yang hidup bermasyarakat ,manusia yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya,manusia yang saling tolong menolong dan saling menghargai sesame umat manusia.sebaliknya pula manusia saling mencurigai,saling membenci ,saling merugikan,dan sebagainya..
Ada tiga hal faktor -  faktor yang menentukan tingkah laku setiap manusia,yaitu :
1.     Faktor pembawaan (heriditas)yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih dalam kandungan.
2.    Faktor lingkugan dimana mereka tinggal dan hidup dalam lingkungan yang baik maupun tidak baik.
3.    Faktor pengalaman yang khas yang pernah dialami sewaktu dia mulai hidup dan hingga sampai dewasa.

D.  Usaha /Perjuangan
Usaha atau perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan suatu cita-cita yang di inginkan .Setiap manusia harus bekerja keras demi kelangsungan hidupnya .Sebagian hidup manusia adalah usaha atau perjuangan .Perjuangan untuk hidup itu sudah kodrat manusia,tanpa usaha atau perjuangan manusia tidak dapat hidup sempurna .Bila kita menginginkan sukses kuncinya kita harus berusaha dan berdoa.
Berusaha dalam artiann belajar dengan tekun ,rajin dan giat.Kerja keras itu dapat dilakukan dengan otak atau ilmu ataupun dengan tenaga atau jasmani.untuk bekerjakeras manusia dibatasi oleh kemampuan,karena kemampuan terbatas itulah menjadi tolak ukur setiap kemakmuran antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya.kemampuan itu terbatas pada fisik dan keahlian atau keterampilan dari manusia itu sendiri.

E.  Keyakinan /Kepercayaan
Keyakinan atau kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuaaan allah.menurut Prof.dr.Harun nasution ,ada 3 aliran filsafat yaitu :

1.     Aliran Naturalisme
Hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan yang tertinggi .Kekuatan gaib itu dari natur dan itu dari Allah.
2.    Aliran Intelektualisme
Dasar aliran ini ini adalah logika atau akal manusia mengutamakan akal dengan akal manusia berpikir.
3.    Aliran Gabungan
Dasar aliran ini adalah kekuatan gaib dan juga kal.kekuatan gaib misalnya kekuatan yang berasal dari Allah dan percaya adanya Allah sebagai dasar keyakinan.

F.  Langkah – Langkah Berpandangan Hidup Yang Baik
Setiap manusia pasti mempunyai pandangan hidup yang berbeda walau bagaimanapun bentuknya.Bagaimanapun bentuk suatu pandangan hidup itu tergantung pada diri kita sendiri .Ada yang memperlakukan pandangan hidup itu sebagai sarana untuk mencapai tujuan dan ada juga yang memperlakukan sebagai penimbul kesejahteraan ,ketentraman ,dan sebagainya.
Pandangan hidup sebagai sarana untuk mencapai tujuan dan cita-cita dengan baik.Adapun angkah-langkahnya sebagai berikut :
·      Mengenal merupakan suatu kodrat manusia yaitu merupakan tahap pertama dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam jalan ini mengenal apa itu pandangan hidup.
·      Mengerti merupakan tahap kedua untuk berpandangan hidup yang baik adalah mengerti.mengerti disini dimaksudkan mengerti terhdao pandangan hidup itu sendiri.
·      Menghayati merupakan dengan menghayati pandangan hidup kita memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai kebenaran pandangan hidup itu sendiri.
·      Meyakini merupakan dengan meyakini berarti secara langsung ada penerimaan yang ikhlas terhadap pandangan hidup itu.
·      Mengabdi merupakan sesuatu hal yang penting dalam menghayati dan dibenarkan dan diterima oleh dirinya lebih-lebih dari orang lain.
·      Mangamnkan merupakan langkah yang terakhir merupakan langkah yang terberat dan benar-benar membutuhkan iman yang teguh dan kebenaran dalam menanggulangi segala sesuatu demi tegaknya pandangan hidup itu.

Sumber http://siscaellia.wordpress.com/2012/06/16/manusia-dan-pandangan-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar